Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Konsep Baru Toyota Rangga, Mobil Niaga yang Tangguh dan Multifungsi

Toyota Rangga konsep adalah mobil niaga yang dipamerkan oleh PT Toyota-Astra Motor (TAM) di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Mobil ini merupakan pengembangan dari basis IMV 0 yang juga digunakan oleh Hilux dan Fortuner. Rangga konsep dirancang untuk memenuhi berbagai kebutuhan bisnis di Indonesia, seperti angkutan barang, ambulans, mobil pengecas listrik, dan toko kopi berjalan.

Nama Rangga sendiri diambil dari salah satu tipe Kijang Kapsul generasi keempat yang diluncurkan pada tahun 1997. Nama ini juga terinspirasi dari bahasa Jawa "Ronggo" yang berarti ksatria atau pahlawan. Toyota berharap Rangga konsep dapat menjadi pahlawan bagi para pelaku usaha di Indonesia dengan memberikan solusi mobilitas yang ekonomis, andal, dan berkelanjutan.

Rangga konsep memiliki desain yang sederhana dan kokoh, dengan bentuk kotak dan garis-garis tegas yang mengingatkan pada Land Cruiser 250 dan J70. Mobil ini juga memiliki roda yang besar, pintu yang tinggi, dan sasis yang terlihat di belakang kabin. Rangga konsep menawarkan dua pilihan mesin, yaitu bensin 2.000 cc dan diesel 2.400 cc, yang sama dengan Hilux. Mobil ini juga tersedia dalam dua varian, yaitu sasis kosong dan bak.

Toyota berencana untuk meluncurkan Rangga konsep secara komersial pada awal tahun 2024. Mobil ini akan dijual dengan harga yang lebih murah dari Hilux, yaitu sekitar Rp 200 jutaan sampai Rp 300 jutaan. Toyota juga akan bekerja sama dengan para karoseri lokal untuk melakukan konversi Rangga konsep sesuai dengan permintaan konsumen. Dengan demikian, Rangga konsep dapat menjadi mobil niaga sebaguna yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat Indonesia.

Sumber: 

(1) Toyota Rangga Meluncur Awal 2024, Muka Bakal Mirip dengan Konsep. https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/18/070200015/toyota-rangga-meluncur-awal-2024-muka-bakal-mirip-dengan-konsep.
(2) Mengenal Rangga Concept, Mobil Konsep Komersial Toyota yang Indonesia .... https://otomotif.sindonews.com/read/1173255/120/mengenal-rangga-concept-mobil-konsep-komersial-toyota-yang-indonesia-banget-1691716110.
(3) Segera Dirilis, Toyota Rangga Concept Goda Pengguna Campervan - Kompas.com. https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/18/154100215/segera-dirilis-toyota-rangga-concept-goda-pengguna-campervan.
(4) Toyota Rangga Compact Truck: What We Know So Far - HotCars. https://www.hotcars.com/toyota-rangga-what-we-know/.
(5) Toyota Rangga concept previews a rudimentary and versatile truck. https://www.autoblog.com/2023/08/17/toyota-rangga-concept-previews-a-rudimentary-and-versatile-truck/.
(6) undefined. https://t.me/kompascomupdate.

Posting Komentar untuk "Konsep Baru Toyota Rangga, Mobil Niaga yang Tangguh dan Multifungsi"