Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mobil Hyundai Siap Pakai BBM Bioetanol dari Pertamina?

Pertamina, perusahaan minyak dan gas negara, akan segera meluncurkan bahan bakar minyak (BBM) terbaru, yaitu campuran Pertamax dengan nabati etanol (Bioetanol). BBM bioetanol ini diklaim memiliki kandungan RON yang lebih tinggi dan lebih ramah lingkungan, karena dapat menekan emisi gas buang¹.

Namun, tidak semua mobil dapat menggunakan BBM bioetanol ini. Mobil-mobil yang ingin memakai BBM bioetanol harus memiliki mesin yang kompatibel dengan bahan bakar tersebut. Jika tidak, maka dapat menimbulkan masalah pada performa dan kesehatan mesin.

Lalu, bagaimana dengan mobil-mobil Hyundai? Apakah mereka sudah siap untuk meminum BBM bioetanol dari Pertamina? Untuk menjawab pertanyaan ini, IDN Times menghubungi Head of Marketing Department PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Astrid Ariani Wijana².

Menurut Astrid, Hyundai belum bisa memastikan apakah produk-produknya sudah kompatibel dengan BBM bioetanol atau belum. Pasalnya, Hyundai masih perlu melakukan pengecekan lebih lanjut mengenai formulasi dan spesifikasi BBM bioetanol yang akan diluncurkan oleh Pertamina.

"Untuk itu nanti aku akan coba cek dengan tim terkait, karena mekanisme bioetanol otomatis kita perlu tahu juga apa saja formulasinya dan melihat kesiapan kendaraan karena masing-masing punya spesifikasi mesin yang berbeda," kata Astrid saat ditemui IDN Times, beberapa waktu lalu².

Astrid menambahkan, Hyundai juga perlu mengetahui penyelenggaraan dan distribusi BBM bioetanol di Indonesia. Hal ini penting untuk memastikan ketersediaan dan kualitas BBM bioetanol bagi konsumen Hyundai.

"Kami mesti lihat dulu persisnya formulasi yang disebut bioetanol ini sejauh apa, dengan berapa persentasenya, dan penyelenggaraannya akan seperti apa," ujar Astrid².

Dengan demikian, Hyundai masih menunggu informasi lebih lanjut dari Pertamina mengenai BBM bioetanol yang akan segera dirilis. Hyundai berharap, BBM bioetanol dapat memberikan manfaat bagi industri otomotif dan lingkungan di Indonesia.

"Kami tentunya mendukung segala upaya yang dilakukan oleh pemerintah dan Pertamina untuk meningkatkan kualitas bahan bakar di Indonesia, termasuk dengan menghadirkan BBM bioetanol. Kami berharap, BBM bioetanol dapat menjadi solusi yang baik bagi konsumen, produsen, dan lingkungan," tutup Astrid².



Sumber:
(1) Apakah Mobil Hyundai Kompatibel Minum BBM Bioetanol? - Kompas.com. https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/19/110200115/apakah-mobil-hyundai-kompatibel-minum-bbm-bioetanol-.
(2) Apakah Mobil Hyundai Bisa Pakai BBM Bioetanol? - IDN Times. https://www.idntimes.com/automotive/car/fadhliansyah/apakah-mobil-hyundai-bisa-pakai-bbm-bioetanol.
(3) Pertamina Akan Rilis BBM Bioetanol, Mobil Hyundai Bisa Meminumnya? - MSN. https://www.msn.com/id-id/gayahidup/berita/pertamina-akan-rilis-bbm-bioetanol-mobil-hyundai-bisa-meminumnya/ar-AA1dZMPi.
(4) Apakah Mobil Hyundai Bisa Pakai BBM Bioetanol? - IDN Times. https://www.idntimes.com/automotive/car/fadhliansyah/apakah-mobil-hyundai-bisa-pakai-bbm-bioetanol.
(5) Apakah Mobil Hyundai Kompatibel Minum BBM Bioetanol? - Kompas.com. https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/19/110200115/apakah-mobil-hyundai-kompatibel-minum-bbm-bioetanol-.

Posting Komentar untuk "Mobil Hyundai Siap Pakai BBM Bioetanol dari Pertamina?"