Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Sabun Cuci Mobil yang Tepat agar tak menyesal

Mencuci mobil secara rutin adalah salah satu cara untuk merawat mobil agar tetap bersih dan kinclong. Namun, mencuci mobil tidak semudah membasuhnya dengan air dan sabun sembarangan. Kita harus memperhatikan jenis sabun yang digunakan, karena salah pilih sabun bisa berisiko merusak cat mobil.

Lalu, bagaimana cara memilih sabun cuci mobil yang tepat? Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli sabun cuci mobil¹:

1. pH seimbang. Sabun cuci mobil yang baik adalah yang memiliki pH seimbang, yaitu antara 6-8. pH seimbang berarti sabun tidak terlalu asam atau basa, sehingga tidak akan meninggalkan bekas pada mobil. Selain itu, pH seimbang juga membuat mobil tampak lebih mengkilap dan kinclong.

2. Tingkat kelicinan yang baik. Sabun cuci mobil yang licin akan membantu mengangkat debu dan kotoran yang menempel pada bodi mobil tanpa meninggalkan goresan. Sabun yang licin juga akan memudahkan proses pengelapan mobil setelah dicuci.

3. Kandungan lilin atau wax. Sabun cuci mobil yang mengandung lilin atau wax akan memberikan lapisan pelindung pada cat mobil, sehingga mobil akan lebih tahan terhadap sinar matahari, hujan, dan polusi. Lilin atau wax juga akan membuat mobil lebih berkilau dan terlihat baru.

4. Kandungan surfaktan. Surfactan adalah zat yang dapat menurunkan tegangan permukaan air, sehingga air dapat menembus ke dalam pori-pori kotoran dan mengangkatnya. Sabun cuci mobil yang mengandung surfaktan akan lebih efektif membersihkan mobil dari debu, minyak, dan noda.

5. Kandungan pewangi. Sabun cuci mobil yang mengandung pewangi akan memberikan aroma segar pada mobil setelah dicuci. Pewangi juga akan menghilangkan bau tidak sedap yang mungkin timbul akibat kotoran atau jamur. Namun, pastikan pewangi yang digunakan tidak terlalu menyengat atau alergi.

Itulah beberapa tips memilih sabun cuci mobil yang tepat. Semoga bermanfaat! 😊

Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash



Sumber:
(1) 5 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Sabun Cuci Mobil - IDN Times. https://www.idntimes.com/automotive/car/rivera-jesica/jangan-sembarangan-memilih-sabun-cuci-mobil-cek-dulu-5-hal-ini.
(2) 4 Tips Memilih Tempat Cuci Mobil - IDN Times. https://www.idntimes.com/automotive/car/rivera-jesica/4-tips-memilih-tempat-cuci-mobil.
(3) Bahaya Terlalu Sering Cuci Mobil Hidrolik - IDN Times. https://www.idntimes.com/automotive/car/rivera-jesica/bahaya-terlalu-sering-cuci-mobil-hidrolik.
(4) 7 Ciri-Ciri Mobil Harus Turun Mesin, Ketahui Sebelum Bobrok! - IDN Times. https://www.idntimes.com/automotive/car/rivera-jesica/ciri-ciri-mobil-harus-turun-mesin.

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Sabun Cuci Mobil yang Tepat agar tak menyesal"