Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Mobil Matic yang Mogok Saat Distarter

Mobil matic memang memiliki banyak kelebihan, seperti kemudahan dalam mengoperasikan transmisi dan kenyamanan saat berkendara. Namun, mobil matic juga bisa mengalami masalah, salah satunya adalah tidak bisa menyala saat distarter. Hal ini tentu sangat mengganggu, apalagi jika kamu sedang terburu-buru atau berada di tempat yang sepi.

Jika kamu mengalami hal ini, jangan panik dulu. Ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menghidupkan kembali mobil matic yang mogok. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Cek sisa bahan bakar. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan bahwa mobil masih memiliki bahan bakar yang cukup. Jika tidak, maka mesin tidak akan bisa berjalan karena tidak ada pembakaran. Kamu bisa memeriksa indikator bensin di dashboard mobil. Jika jarum menunjukkan angka nol atau mendekati nol, berarti bahan bakar mobil habis. Kamu harus mengisi bensin terlebih dahulu sebelum mencoba menyalakan mobil lagi.
  2. Cek fuel pump. Fuel pump adalah komponen yang berfungsi untuk memompa atau mendorong bahan bakar dari tangki ke mesin. Jika fuel pump bermasalah, maka aliran bahan bakar akan terhambat dan mesin tidak akan mendapatkan pasokan yang cukup. Kamu bisa mengecek fuel pump dengan melihat layar multi information display (MID) di dashboard mobil. Jika ada lampu indikator yang menyala, berarti ada masalah pada fuel pump. Kamu harus membawa mobil ke bengkel untuk memperbaikinya.
  3. Cek aki. Aki adalah sumber listrik utama pada mobil. Jika aki lemah atau mati, maka mobil tidak akan bisa distarter. Kamu bisa mengecek kondisi aki dengan melihat lampu-lampu di dashboard mobil. Jika lampu-lampu tersebut redup atau tidak menyala sama sekali, berarti aki lemah atau mati. Kamu harus mengganti aki dengan yang baru atau mengisi ulang aki dengan charger.
  4. Coba jump start. Jump start adalah cara untuk memancing aliran listrik pada aki yang lemah dengan menggunakan aki yang sehat dari mobil lain. Caranya, gunakan kabel penghubung yang memiliki penjepit pada kedua ujungnya. Kemudian, sambungkan salah satu penjepit pada bagian aki yang sehat dan bagian lainnya pada aki yang lemah. Selanjutnya, matikan kelistrikan pada mobil, lalu hidupkan kembali. Jika mobil berhasil menyala, lepaskan kabel penghubung dan biarkan mesin berjalan selama beberapa menit agar aki terisi kembali.
  5. Cek busi. Busi adalah komponen yang berfungsi untuk menghasilkan percikan api yang menyulut bahan bakar di ruang bakar mesin. Jika busi kotor, rusak, berkarat, atau aus, maka percikan api tidak akan terjadi dan mesin tidak akan bisa menyala. Kamu bisa mengecek kondisi busi dengan membuka kap mesin dan mencabut kabel busi satu per satu. Lalu, lihat apakah ada kotoran, karat, atau kerusakan pada ujung busi. Jika ada, bersihkan atau ganti busi dengan yang baru.
  6. Cek relay starter. Relay starter adalah komponen yang berfungsi untuk menghubungkan arus listrik dari aki ke motor starter. Jika relay starter bermasalah, maka arus listrik tidak akan sampai ke motor starter dan mobil tidak akan bisa distarter. Kamu bisa mengecek relay starter dengan mendengarkan suara klik saat menekan tombol starter. Jika tidak ada suara klik, berarti relay starter bermasalah. Kamu harus membawa mobil ke bengkel untuk memperbaikinya.
  7. Cek motor starter. Motor starter adalah komponen yang berfungsi untuk memutar poros engkol mesin saat distarter. Jika motor starter bermasalah, maka poros engkol mesin tidak akan berputar dan mesin tidak akan bisa menyala. Kamu bisa mengecek motor starter dengan mendengarkan suara putar yang putar saat menekan tombol starter. Jika tidak ada suara putar, berarti motor starter bermasalah. Kamu harus membawa mobil ke bengkel untuk memperbaikinya.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi mobil matic yang mogok saat distarter. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. 😊

Photo by Chris Liverani on Unsplash


Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Mobil Matic yang Mogok Saat Distarter"